Introducing to Commodity.

Risk Management & Price Discovery

Join Now!

Commodity

Komoditi yang diperdagangkan

Komoditas dapat diinterpretasikan sebagai sesuatu dari substansi fisik. Komoditas dibagi dua, pertama adalah komoditas secara umum yang merupakan hasil dari pertambangan seperti emas, perak, minyak dan komoditas lainnya. Komoditas ini merupakan sumber daya alam yang terbatas dan membutuhkan biaya tinggi untuk memperolehnya. Kedua, adalah komoditi yang dihasilkan dari produksi pertanian seperti gula, beras, kakao, kopi dan lain-lain.

Komoditas lebih mudah dipahami karena banyak bergantung pada kondisi fundamental permintaan dan penawaran. Volatilitas harga komoditas lebih kecil dibandingkan saham dan obligasi sehingga menyediakan pilihan diversifikasi portofolio yang efesien untuk pelaku pasar. Apa yang membuat komoditas lebih menarik dan lebih beresiko dalam transaksi dibandingkan saham adalah jumlah leverage atau daya ungkit. Pada kenyataannya, resiko perdagangan di pasar komoditas tidak akan lebih dari resiko yang Anda tentukan sendiri.

Perputaran uang di pasar komoditas cukup tinggi karena transaksi komoditi merupakan salah satu instrumen yang paling populer di mata sebagian besar manajer investasi global.

Komoditi yang menjadi subjek Kontrak Berjangka yang diperdagangkan, adalah komoditi pertanian, kehutanan, pertambangan, industri hulu, produk finansial serta jasa.

SYMBOL CONTRACT SIZE MINIMUM PRICE VARIANCE SPREAD STOP/LIMIT LEVEL
SWAP
HIGH LOW
XAUUSD 100 0.01 50.00 50 -2.5 -1.25
SILVER 5000 0.01 0.03 10 -2.2 -1.1
OIL 1000 0.01 0.05 10 -1.5 -1