Wellcome to FUTURES INDEX.

A different kind of futures brokerage

Join Now!

Futures Index

Definisi dasar dari indeks saham adalah ukuran statistik dari perubahan di dalam portofolio saham secara keseluruhan.

Dalam melakukan investasi, investor menghadapi risiko yang akan datang dari perubahan harga saham. Ada alternatif investasi dalam perdagangan saham yang dapat meminimalkan risiko dan akan melindungi dari fluktuasi harga yang merugikan, jenis investasi ini disebut KONTRAK BERJANGKA atau INDEX FUTURES.

Kontrak berjangka adalah suatu kewajiban untuk menerima atau untuk memberikan suatu instrumen keuangan atau kontrak di masa depan dengan menggunakan harga yang telah disepakati pada hari ini. Di dalam perdagangan indeks berjangka investor diberikan peluang untuk mengambil posisi open sell atau menutup posisi open sell kontrak didasari oleh adanya harapan bahwa harga akan turun atau investor bisa juga mengambil posisi open buy dan melikuidasi posisi open buy kontrak didasari adanya harapan bahwa harga akan naik.

SGFX menawarkan investasi pada indeks berjangka untuk mencari keuntungan dari fluktuasi harga indeks.

Indeks Berjangka yang ditawarkan adalah Indeks Berjangka Jepang (Nikkei 225), Indeks Berjangka Hongkong (Hang Seng) dan Indeks Berjangka Korea (Kospi 200).

BEBERAPA RAGAM DARI INDEKS FUTURES

Indeks Berjangka Jepang (NIKKEI)

Indeks Nikkei 225 lebih sering disebut Nikkei, indeks Nikkei, atau Nikkei Stock Average, merupakan indeks pasar saham untuk Bursa Saham Tokyo (TSE). Dihitung setiap hari oleh surat kabar Nihon Keizai Shimbun (Nikkei) sejak tahun 1950 , menggunakan metode perhitungan rata-rata harga tertimbang (unit yang digunakan adalah yen), dan komponen ditinjau setahun sekali.

Saat ini, indeks Nikkei paling banyak digunakan untuk menggambarkan kondisi dari saham Jepang, mirip dengan Dow Jones Industrial Average. Bahkan sempat dijuluki sebagai “Indeks Nikkei Dow Jones” di era 1975-1985.

Nikkei 225 Futures, diperkenalkan di Singapore Exchange (SGX) pada tahun 1986, di Osaka Securities Exchange (OSE) pada tahun 1988, dan di Chicago Mercantile Exchange (CME) pada tahun 1990, sekarang menjadi indeks berjangka yang diakui secara internasional.
Sejak Januari 2010 indeks diperbarui setiap 15 detik selama sesi perdagangan.

Indeks Berjangka Hongkong (HANGSENG)

Indeks Hang Seng (HSI) adalah indeks saham yang menggunakan metode perhitungan freefloat-adjusted market capitalization-weighted stock di bursa Hong Kong. Indeks ini digunakan untuk mencatat dan memonitor perubahan harian dari perusahaan-perusahaan terbesar di pasar saham Hong Kong dan merupakan indikator utama dari kinerja pasar secara keseluruhan di Hong Kong. 45 perusahaan yang ada di indeks Hang Seng mewakili sekitar 60% dari kapitalisasi Hong Kong Stock Exchange.

Sejak 7 Maret 2011, HKEx memperpanjang jam perdagangan. Pada tahap pertama perubahannya adalah 09.30-12.00 dan 13.30-16.00. Pada tahap selanjutnya, mulai dari 5 Maret 2012, jam perdagangan menjadi 09.15-12.00 dan 13.00-16.15, sejalan dengan waktu perdagangan di daratan China.

Indeks Hang Seng memulai perdagangannya pada tanggal 24 November 1969, dan saat ini penyusunan dan pengelolaannya dilaksanakan oleh Hang Seng Indeks Limited, yang merupakan anak perusahaan Hang Seng Bank, salah satu bank yang terdaftar di pasar saham Hong Kong dan terbesar dalam hal kapitalisasi pasar.
Hang Seng Indeks Limited bertanggung jawab untuk menyusun, mempublikasikan dan mengelola Indeks Hang Seng.

Indeks Berjangka Korea (KOSPI)

Indeks Harga Saham Gabungan Korea atau KOSPI adalah indeks dari semua saham yang diperdagangkan di Stock Market Division yang sebelumnya dikenal dengan nama Korea Stock Exchange. Ini adalah indeks pasar saham yang mewakili Korea Selatan, seperti Dow Jones Industrial Average atau S & P 500 di AS.

KOSPI diperkenalkan pada tahun 1983 dengan nilai dasar 100 pada tanggal 4 Januari, 1980, dihitung berdasarkan kapitalisasi pasar. Pada tahun 2007, volume harian KOSPI adalah ratusan juta saham atau setara dengan triliunan won.

FUTURES INDEX JPJ30 NIKKEI HKJ50 HANG SENG KRJ35 KOSPI S&P500 DJI NASRAG
Contract Size ¥ 500 x Nikkei Index Futures Rate HKD 50 x HangSeng Index Futures Rate KRW 500.000 x Kospi Index Futures Rate ? ? ?
Fixed Exchange Rate ¥ 1 = Rp. 60,- HKD 1 = Rp. 1.000,- KRW 1 = Rp. 7,- ? ? ?
Value Per Pip Rp. 30.000,- Rp. 50.000,- Rp. 35.000,- ? ? ?
Trading Month H=March, M=June, U=September, Z=December Every month H=March, M=June, U=September, Z=December ? ? ?

Indeks KOSPI 200 terdiri dari 200 perusahaan besar dari Stock Market Division. Nilai dasar 100 ditetapkan pada tanggal 3 Januari 1990. KOSPI 200 memiliki nilai pasar lebih dari 70% dari KOSPI, dan bergerak bersama dengan indeks KOSPI. Indeks KOSPI 200 dinilai penting karena diperdagangkan juga di bursa berjangka dan bursa option dan merupakan salah satu indeks yang paling aktif diperdagangkan di dunia.